Inilah Waktu Terbaik untuk Menulis

Tampak banyak sekali kebingungan agar tetap terjaga pada prinsip atau jadwal dari mulai penulis pemula,amatir dan profesiomal untuk menentukan sekaligus memilih waktu terbaik menuangkan ide kreatif tulisannya.

Catatan artikel uton ini merupakan sebuah pengolahan pengetahuan googling serta pengalaman yang dirasakan selama menulis, dan mungkin akan menjadikan pengingat agar selalu tetap menjaga fokus.

Semoga dapat memberikan kesadaran pula untuk pembacanya agar tepat dalam bertindak.

Penulis itu beragam, ada yang cerpen,artikel blog dan kepenulisan lainnya. hal ini dapat diterapkan oleh semua kalangan hanya kemauan saja yang perlu teman-teman penjelajah internet lakukan.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Menulis?

Menurut pengalaman yang selama uton rasakan waktu menulis yang terbaik adalah waktu yang tepat untuk menulis. Ya bila tidak ada jam sesuai keputusan diri serta keadaan (kondisi lingkungan) tidak mendukung semuanya tidak akan berjalan dengan baik.

Bahkan waktu keistimewaan menulis terdapat pada 2 bagian yaitu pagi dan malam.

Kelebihan menulis dipagi hari :

Penulis produktif mengatakan “Gunakanlah waktu dengan baik, Mereka berhasil, karena mereka berfikir mereka bisa, karna kamu tidak akan pernah menemukan waktu untuk segala sesuatu. Jika kamu menginginkan waktu, kamu hanya perlu menciptakannya jadi untuk milikmu secara nyata.”

Gimana fikirannya? Kena belum hhe, coba baca sekali lagi, atau berulang kali kalo benar ingin membangkitkan diri.

Oke lanjut, pertama bila pada kenyataannya kita punya banyak kekuatan kemauan terbatas untuk melakukannya dipagi hari maka manfaatkanj sekarang juga.

Kedua, Dalam poin ini kamu lebih kreatif, sehingga memudahkan kamu untuk menggali semua ide bahkan opini untuk menuangkannya menjadi tulisan yang indah.

Ketiga, Pagi hari dengan suasana hati atau mood baik ini memudahkan kamu untuk menulis dengan santai.

Keempat, Sehingga kemauan keterbatasanmu dipagi hari dapat menjadi kebiasaan.

Kelima, lalu tulislah apapun yang sedang kamu fikirkan dengan emosi serta kontrol diri yang baik,kenapa? karna akan menjadikan tulisannu lebih berekpresi.

Keenam, membuat tulisan pertama memang terasa sulit, sama halnya dengan apa awal kalimat yang akan uton tulis. entah mungkin saya saja tapi mungkin ada benarnya. Tapi hal itu seperti mengkayuh sepeda, coba bayangkan kita menulis bila terus dikayuh sepeda tersebut maka rasanya mudah karna mengikuti kebiasaan mengkayuh itu.

Ketujuh, jangan mencari alasan karna hal ini dapat membuat kamu kebingungan

Sedangakan Kelebihan dimalam hari :

Jam yang tepat untuk bertindak menulis adalah,

Pertama, tidak ada gangguan karna ketika kegiatan sekolah,bekerja dan lainnya berakhir saatkan kamu mulai menulis.

Kedua, kadang kegiatan atau kejadian selama seharian telah berakhir kamu jadi akan mendapatkan inspirasi sehingga memumpuni idemu menjadi ada bumbu-bumbunya gitu hhe

Ketiga, bebas menggunakan kesempatan menumpahkan semua kata dalam tulisan tanpa harus tergesa-gesa dengan kehiatan lainnya.

Bagaimana uton Menerapkan Waktu Menulis?

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya Waktu Menulis terbaik adalah dengan menggunakan jam yang tepat untuk menulis.

Ya kenapa kadang saya tidak menulis dipagi hari?

Itu karena saya memiliki kegiatan untuk bersekolah dipagi hari dan memiliki waktu kosong yang lumayan sedikit, fokuspun tak akan terarahkan bila sedang belajar. Jadi lebih baik fokus pada pelajaran sekolah yang sedang berlangsung dari pada untuk mengurus blog pada saat jam yang tidak tepat.
Terkadang saya membuka blog pada jam istirahat atau tidak ada guru untuk berkunjung sekaligus membaca tulisan lainnya, serta memberikan komentar pada penulisnya.

Bila dibandingkan dengan waktu malam seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya, kadang terlalu mengantuk itu mengalahkan kemauanku untuk menulis hhe (kadang ya ga sering)

Seperti yang dituliskan blog shiq4 mengatakan bahwa menulis bukanlah sebuah perlombaan.

Disinggung kembali, karna menulis soal mengungkapkan ide kreatifnya menjadi sebuah tulisan indah, jadi menulis pada jam tepat tersebut akan membuatmu tidak tergesa-gesa kecuali memang sedang mengikuti lomba.

Kesimpulan : Menulis adalah tentang jam yang tepat untuk mengatur atau menetapkan jadwal secara tepat dengan menggunakan kesempatan tersebut menjadi kebiasaan yang murni dibiasakan secara konsisten.

Bagaimana pendapat teman- teman penjelajah internet? Sudahkan kamu memutuskan waktu yang tepat untuk menjadikan kebiasaan menulis?

Terima kasih

Iklan

Menulis dengan Konsisten di Blog pribadi

Rasanya susah susah gampang untuk memulai kembali menulis dengan konsisten walaupun diri sendiri sedikit kesulitan menahan saya agar melakukan kebiasaan lainnya yang dapat membuang waktu tetapi bukan hal penyesalan lebih tepatnya mengisi waktu luang.

Ada ketidak puasan bagi saya sebagai penulis amatir yang mengurus semua alur cerita untuk dituangkan menjadi gagasan kata kata indah berparagraf sederhana tanpa memikirkan aturan menulis terkonsep karena dalam blog Belajar ilmu info internet (utononline) hanya sedang menikmati setiap ungkapan segala hal yang akan diberikan atau dituliskan.

Selain dari pada hal itu, kita haruslah belajar menulis secara konsisten agar dapat meningkatkan frekuensi tingkat kepenulisan dimata atau bahkan didiri kita juga sekaligus pandangan orang lain terhadap seluruh hasil tulisan kita nantinya.

Oleh sebab adanya dorongan dari hati sendiri berkata bahkan penulis hebat jeff goins menantang kita yang mau menerima tantangan tersebut bernamakan menulis dengan 500 kata dalam 1 artikel. Beberapa hal meyakinkan saya salah satunya ialah “ketika orang lain enak tertidur pulas atau tidak berbuat banyak hal lagi, disitulah saatnya mengerjakan sesuatu” lalu jeff goins berkata “Kamu harus bangga” kedengarannya meyakinkan, tetapi saya akan melakukannya dengan 31 hari. Bagaimana saya akan tetap berada pada jalur yang telah ditentukan?

Jadi tetaplah bersama saya menatap dan merasakan setiap kata yang kamu bacakan sedangkan saya berusaha mengerjakan sesuatu dengan bersungguh sungguh.

Apa Tujuan anda Mengikuti Tantangan Menulis Jeff Goins?

Saat ini saya memang masih memiliki keahlian menulis yang tidak begitu buruk, benarkan? Kekacauan setiap fikiran merusak fokus yang membuat konsentrasi pudar tak terarah, sekarang tumbuh kembali rasanya ingin melupakan hal dulu dan mengerjakan sesuatu instruksi yang saya dapatkan melalui email baru dari beliau.

Dengan demikian semoga saya menjadi beraturan kapan harus menulis, menyusun sebuah kata kata menjadi kalimat tersusunnya paragraf tanpa bingung menentukan sebuah artikel apa yang akan dituliskan dengan sedikit keringanan membuat diri ini nyaman dengan apa yang saya ungkapkan dalam tulisan.

Tidak hanya diucapan semata saja tetapi sunguh-sungguh ditanamkan dengan niat, seperti komitmen kuat yang dapat mengendalikan diri sehingga tidak mudah terpengaruh lagi oleh penyakit malas atau pun menundanya merubahnya menjadi sekarang tanpa alasan apapun kecuali kepentingan.

Agar lebih jelas dalam menentukan atau mengarahkan tujuan saya dalam tantangan ini adalah menulis menjadi menyenangkan dengan adanya dorongan bukan tuntutan yang harus dikerjakan sesuai ketidak nyamanan diri penulis, membuat rangkaian kata begitu indah ketika hasilnya dibaca, sehingga pembaca menyukai tulisan nyata yang saya buat sendiri.

Otomatis pembaca menyukai tulisan saya dalam sebuah artikel pada blog ini, mereka merubahnya tombol ikuti menjadi mengikuti sebanyak-banyaknya seperti kata yang kutuliskan sebagai kenikmatan baginya merasakan hal ini.

Senang lagi apabila mereka memberikanku sebuah penjelasan berupa artikel pada blog yang ia punya rasanya saya dapat bersemangat terus selalu berkomitmen positif.

Atau melakukan tantangan ini bersama dengannya,tanpa sedikit beban pada diri diantara kita hanyalah menuliskan dengan kebebasan dalam berekpresi sebagai tindakan aksi menulis diblog mengerjakan sesuatu.

Semuanya masih berandai-andai dalam ucapan, semoga pembaca memang memiliki respon baik yang dapat mendorong saya lagi agar diri ini yakin bahwa memang benar nyataku mewujudkan hal tersebut.

Sehingga semoga datanglah perubahan yang dapat memberikanku makna berarti menulis dengan konsisten di blog pribadi miliku sendiri ini, bedampak pula hal positif yang membuatku akan terkejut pada suatu hari nanti begitu istimewanya hasil yang kukerjakan tersebut.

Dan utntuk terakhir penutup saya tidak akan dulu mengembangkan blog dari segi tampilan atau semacamnya itu, tapi saya akan fokus pada menulis dengan konsisten setiap ada waktu langsung kukerjakan agar tidak terjadi lagi kegagalan atau pudarnya komitmen yang saya ucapkan bahkan dikepala saya ini, harus ada niat dibarengi kemauan bertindak. Semoga bagi semua peserta yang masih mengikuti tantangan jeff goins dapat berhasil mengukir sejarah untuk blognya sendiri sehingga KAMU HARUS BANGGA!!.

Memulai kembali blogging dari nol

Halo sobat penjelajah internet senang sekali rasanya bila tulisan saya sedang dibaca serta dikunjungi oleh teman teman sekalian setelah sekian lamanya tak menulis konten artikel baru dan ternyata akhirnya terwujud kembali untuk menuliskan hal apapun yang saya ingin bagikan kepada sobat internet diblog yang baru saya buat ini dengan bernama belajar ilmu info internet dan domain utononline menyatu dengan platform blog gratis dari wordpress.com.

Perkenalan diri

Sebelumnya saya akan memperkenalkan sekaligus membukakan diri, Nama asli saya adalah : Sulton Yusuf Pradana biasa dipanggil uton dan nama domain blog yang saya gunakan ini berasal dari nama panggilan saya sendiri hhe si tukang online gapapa kan? Bebaslah kan saya yang buat, kenapa? Ga usah sok ngatur kamu kan lagi baca jadi harus berekpresi 🙂 jangan lupa senyum lagi

Untuk selengkapnya cek Tentang saya

Alasan saya membuat blog

“Uton kenapa membuat blog?” jawabannya sangat mudah, iya karna ingin.

“Ingin apa?” simple aja karna ada kemauan.

Kemauan? Iya untuk membuat blog itu harus punya keinginan yang harus dibarengi dengan kemauan juga tindakannya.

Ehh bentar mungkin sobat penjelajah internet bertanya tanya tentang kenapa judul artikel pertama isinya “Memulai kembali blogging dari nol” ya itu karena saya sedang membangun ulang blog sekaligus inginnya konsisten mengupdate artikel baru dengan tulisan yang saya buat sendiri (blogging), semoga dalam ga cuma dari ucapan doang seperti sebelum sebelumnya yang semakin kurangnya kemauan dengan berjalannya waktu dan komitmen yang sampai berakhir terkikis oleh pengaruh fikiran tidak jelas. Uton cuma minta Doa in ok agar tidak terulang kembali simasa lalu itu :’v

“Memangnya kenapa dengan yang dulu?” jhaha eaeaea :v lebay, wuih santai aja 🙂 jangan lupa senyum lagi ok

Begini ceritanya, ehh mulai dari mana ya :’v agak sedikit lupa lupa ingat juga tapi saya akan berusaha menyampaikan hal penting untuk sobat biar ga penasaran :v ,bisa juga menjadi catatan ingatan untuk Uton sendiri, tetap simak ok.

Dulu awal pertama kali saya membuat blog adalah untuk mengerjakan tugas sekolah, ya berhubung waktu itu dulu sekitar tahun 2016/2017 diberi tugas buat artikel tentang pembahasannya pengertian komputer,fungsi bagian bagian pada hardwarenya, dan pengertian lainnya intinya ya tentang komputer 😀

Berjalannya waktu, keesokan harinya guru tersebut meminta tugas yang telah ia berikan pada murid muridnya untuk segera mengumpulkan. Eitts bentar ini mah Ga penting :’v ups sorry hhe soalnya bingung

Tetapi memang jelas, itu awal tujuan saya membuat blog yaitu mengerjakan tugas untuk mendapatkan nilai. Ya itung-itung biar ga kosong tuh daftar nilainya.

Setelah lama kelamaan tumbuhlah rasa penasaran blog, ngeblog sampe sampe ingin terus belajar memperdalam ilmu blog ini, kenal langsung adsense :’v lalu kenal Search engine Optimize (SEO).

Waduh kacaw jelas jelas gak jelas akhirnya mikirin sekaligus praktikin ilmu minim yang sudah saya dapatkan tuh, membuat blog awalnya yaitu dengan blog gratisan dari blogspot, cara mengedit template saya ngulik sendiri bela belain kewarnet :’v hasilnya? Puas 🙂 bikin seneng hati beuhh serasa udah jago padahal masih skill jagong.

Setelah itu yaa mikirin buat nulis konten untuk mengisi blog yang sudah keren panggil aja sijagong hhe, mau lihat hasil editan templatenya? Langsung kunjungi ke sulyus prana. saya menulis pembahasan tentang macam macam niche gado gado dengan resep bala bala yang benar benar mungkin sedikit kacaw karna masil pemula. Kalo sekarang gimana? Hhe masih belajar ko ini 🙂 mohon dukungannya ya :v

Lanjut ceritanya,setelah mengetahui Karna bisa dapat uang dengan blog mengikuti program periklanan adsense, saya pun terus mengingintaukan cara dapatnya gimana? Dan menurut blogger diinternet sangatlah mudah. Hha mudah banget ko “hanya buat blog ->konten berkualitas=trafik->dan nikmatin hasilnya” wow iya, sangat bikin fikirin ini menyorot memikirkan hal itu dengan sekejap saya terus belajar ilmu ngeblog, hehe ga gila? Ya enggalah karna sekarang mungkin akan menjadi kebiasaan uton untuk menulis artikel diblog baru ini tanpa kesulitan. Aminn

Kenal blog Content Management System

Uton kenal dengan platform blog bersifat open source dari tahun 2017 pada bulan? Kayaknya pertengahan tahun tapi entahlah maafkan saya lupa :’v , wordpress adalah salah satu CMS yang paling sering saya lihat disimbah google karna banyak sekali yang menggunakannya untuk berbagi informasi melalui tulisan.

Selain website atau blog CMS adalah Joomla, jujur uton belum pernah coba :’v karna ga tertarik.

Lalu blog uton akan membahas apa?

Hehe apa ya, Lebih tepatnya saya akan membagikan berbagai ilmu bahkan dari pengalaman dari menjadi blogger, tenang bukan hanya soal blog saja ko.

Tapi akan beragam penyajian dalam pembahasan dengan topik yang berbeda beda, “loh ko gitu?” iya memang kontennya termasuk niche gado gado karna saya memiliki kemauan mensharing sekaligus mempelajari bersama sobat penjelajah internet dalam blog belajar ilmu info internet ini.

Selain hal itu saya memiliki keinginan yang kuat dengan tujuan yang insya allah tidak mudah lagi terkikis, yaitu mengamalkan ilmu melalui tulisan.

Semoga cepat dapat guna dan manfaatnya untuk penulis serta pembaca, apalagi menshare kembali artikel saya agar orang lain dapat merasakan manfaat tersebut.

Wow sudah panjang sekali tidak terasa Uton mengetik selama 4 Jam :’v , saya harap sobat penjelajah internet mau bertindak di kolom komentar agar makin bersemangat lagi nih. Ayo dong berikan kritik serta saran yang membangunnya (positif ,Keep Smart) ok

Sampai jumpa diartikel selanjutnya ok, mau request cerita juga boleh :’v

Ditunggu sapaan sobat penjelajah internet, Terima kasih